Senin, 27 Desember 2010

GULA DARAH SEWAKTU...???

gula darah sewaktu
Kadar darah sewaktu (kadar gula darah sewaktu) adalah hasil pengukuran yang dilakukan seketika waktu itu, tanpa ada puasa. Jadi biasanya kadar gula akan lebih tinggi. Normalnya, kadar gula dalam darah adalah 110 mg/dl (gula darah puasa) dan 140 mg/dl (gula darah sewaktu). Namun, pada penderita DM, kadar gula darah puasanya lebih dari 126 mg/dl dan gula darah sewaktu lebih dari 200 mg/dl. Jadi kalau sedang berpuasa, maka kadar gula darah akan menurun, hmm lumayan membantu.

Berapa kadar gula darah sewaktu ??  ketika anda mengeceknya, maka jika di atas angka normal, segera lakukan diet gula darah/pantangan gula darah. Misal segera buang gula putih di rumah anda, ganti manis-manis dengan makan buah. Ganti minum teh manis dengan air putih saja. Sebab utama gula darah naik adalah karena asupan gula yang tidak dapat diserap tubuh (gula sintetis), termasuk gula pasir/gula putih. Sudah sering saya tulis gula putih adalah racun paling manis.

Apa makan buah manis mengakibatkan gula darah tinggi ??, tidak. Seorang pasien saya, karena mangga di belakang rumahnya berbuah lebat dan sudah waktunya di petik, langsung saja sehari makan 5 buah mangga manis itu. Setelah diukur kadar gula darahnya, hmmm nilainya tetap, tidak naik. Ini menunjukkan bahwa tubuh dapat menyerap gula dari buah mangga tersebut dengan sempurna. Berbeda jika anda makan/minum manis pakai gula pasir/ gula sintetis, maka nilai gula darah anda akan naik.

Penderita gula darah tinggi sangat membutuhkan sumber tenaga, dan sumber tenaga adalah yang manis-manis. Jadi saya sarankan setiap hari sebelum sarapan untuk konsumsi buah-buahan. Karena buah manis ini hanya butuh waktu antara 10 - 20 menit untuk dicerna menjadi tenaga. Kalau anda makan nasi/makanan berat dulu, maka akan baru dicerna setelah 2 - 3jam. Makanya Nabi bersabda, makanlah yang manis-manis dulu. Dalam ilmu foodcombining pun demikian, yang harus dimakan di awal adalah yang paling cepat dicerna, ya buah-buahan adalah yang paling cepat dicerna.

Ok, pengukuran kadar gula darah sewaktu, atau tanpa puasa dapat anda lakukan kapan saja. Tapi sekali lagi, melakukan upaya pengobatan lebih cepat lebih baik. Dan pengobatan Gula darah tinggi, penyakit gula darah sudah saya tulis di blog ini. Yaitu dengan menjaga pola makan dan melakukan Pengobatan Cupping Blood/hijama. Dan olahraga juga harus anda lakukan rutin. Ada seorang dokter RS Haji Surabaya yang bilang, kalau orang Islam tidak olahraga sama sekali, maka sholat 5x dan sunnah sudah sangat membantu sebagai pengganti olahraga. Olahraga ini fungsinya menambah imunitas tubuh, maka jika tubuh sehat, metabolisme pun sempurna. Sekian tulisan tentang Gula darah sewaktu...!

Salam, Cak Majid
www.guladarah.com

4 komentar:

  1. klasifikasi kadar glukosa darah sewaktu untuk penderita diabetes berapa yach???

    kan > 200 sdag memderita Dm ambang batas tertinggi nya berapa???

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantuang pemeriksaan yg dilakukan kk..
      coba puasa 8 jam trus priksa gula darah jika diatas 126mg/dl kemungkinan besar DM

      Hapus
  2. saya baru-baru ini tes gula darah sewaktu. hasilnya 183. saya memang suka manis. tp stau saya, saya g punya bakat diabet. bahaya g ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. test swaktu belum menentukan, lebih baik puasa 8 jam trus pariksa apakah lebih dr 126mg/dl..

      Hapus

Silahkan Komentar yang membangun, Komentar yang tidak ikhlas, ane masukin kandang...! hehehe