Minggu, 03 April 2011

GULA DARAH RENDAH (HIPOGLIKEMIA)

Gula darah rendah (hipoglikemia) adalah jumlah kadar gula darah yang rendah di tubuh. Angkanya bisa dibawah 70 mg/dL, maka akan merasa lemas, pusing, pucat, gemetaran dll. Kekuatan fisik akan menurun. Gula darah itu diperlukan di tubuh karena dia sebagai bahan bakar sel, jika terlalu rendah akan membuat lemas, begitu juga jika terlalu tinggi akan menyebabkan "penyakit gula" atau diabetes.

Gula darah rendah (hipoglikemia) banyak terjadi pada mereka yang kurang konsumsi buah-buahan manis, kurang oleh raga dan kurang terkena sinar matahari. Fisik orang yang mengalami gula darah rendah sangat lemas, pucat dan banyak merasa pusing. Jika ini terjadi dimasa tua, misal usia atas 50, maka jika tidak cepat ditangani akan mengakibatkan penyakit lainya.

Zat gula adalah sumber tenaga, maka setiap hari manusia harus konsumsi gula alami, zaitu buah-buahan. Dalam food combining, buah harus dimakan dulu sebelum makan nasi. Seperti panduan dalam Islam, Nabi bersabda "ambilah yang manis-manis dulu" ketika mau berbuka. Memang, makanan buah manis akan cepat dicerna oleh tubuh sehingga akan langsung menjadi tenaga, cukup antara 10-20 menit, buah akan diolah menjadi tenaga. Sedang Nasi akan diolah tubuh dengan membutuhkan waktu 2 jam. Jadi kalau makan jangan terbalik, buah harus didahulukan.

Bayangkan orang yang tidak pernah konsumsi buah, maka dia akan lemas, karena gula dalam darahnya rendah (gula darah rendah), tidak ada sumber energi bagi sel-sel tubuhnya. Fungsi gula adalah bahan bakar yang akan membuat tubuh mengeluarkan energi. Dan perlu anda ketahui, obat kuat itu komposisinya adalah gula-gula. Sperma pun hanya mengandalkan zat gula untuk berenang mendekati sel telur, hmmm..itulah pentingnya Gula bagi tubuh kita.

Jadi bagi penderita "gula darah rendah" harus segera banyak makan buah alami, segar. Karena banyak sekarang buah yang direndam air formalin sehingga sangat awet. Kita lihat jeruk import, berbulan-bulan di Indonesia tidak membusuk, cuma mengering dan mengecil saja. Kemapa...? menurut teman jurusan pertanian, itu karena buah itu sudah dikasih pengawet. Jadi pilih saja buah lokal yang segar baru dipetik. Oya...air tebu juga bagus untuk menaikkan kadar gula darah. Ibnu Qoyyim menulis bahwa tebu adalah obat kuat alami, zat gula alami ini yang membuat stamina naik.

Orang dengan diabetes pun bisa terkena gula darah rendah, karena konsumsi obat kimia penurun gula darah justru bumerang, karena obat kimia jika bersifat racun jika berlebih. Maka menjaga kesehatan memang lebih baik....mari hidup sederhana. Diriwayatkan bahwa Nabi tidak pernah makan dengan lebih dari 2 lauk. Sebaik baik temperamen adalah Nabi. Maka kebanyakan menu makan akan justru membuat orang mudah emosi. Seorang ulama penghafal kitab-kitab tebal bukan karena banyak menu makan, bahkan mereka hanya makan ketela saja.

Salam, Cak Majid
www.guladarah.com

2 komentar:

  1. terimakasih banyak, semoga barokah.

    BalasHapus
  2. Informasinya bermanfaat sekali, terima kasih :)

    BalasHapus

Silahkan Komentar yang membangun, Komentar yang tidak ikhlas, ane masukin kandang...! hehehe